Learning How to Learn


NHW#5

Belajar itu bisa jadi candu. Di masa kecil, saya terbiasa dengan aktivitas membaca, membeli buku, dan dongeng. Dari semua aktivitas itu, saya bisa menyerap banyak informasi, berimajinasi, berekspresi, dan 'memberi makan' rasa penasaran. Mungkin dari situlah saya mulai merasa bahwa buku itu adalah surga dunia.

Cara belajar saya selama ini juga tak terlepas dari kegiatan membaca. Saya juga merasakan potensi saya ada pada observasi, mengamati secara detail sekaligus membayangkan peta besarnya dengan kemampuan imajinasi yang saya miliki.

Nah, pada tugas kali ini, saya mencoba untuk membuat alur berpikir dan cara saya belajar yang menurut saya paling efektif dan mudah.

Untuk lebih memantapkan diri dalam belajar, saya awali semuanya dengan belajar untuk mengelola emosi dan ego terlebih dahulu dengan belajar adab. Selanjutnya barulah saya melakukan observasi.

Selama ini sih saya coba untuk mengamati apa yang orang lain lakukan atau saya coba untuk membaca berbagai referensi terkait. Saya bandingkan dan saya coba untuk terlibat satu kali di salah satu poin materi belajar yang menurut saya menarik dan bisa dimasukkan kurikulum.  Keterlibatan ini saya lakukan sebagai langkah kedua setelah saya mendapat referensi yang cukup. Fungsinya, agar saya bisa merasakan langsung proses belajar di dalamnya atau melihat apa yang orang lain lakukan untuk mencapai tujuan belajar.

Kemudian saya mencoba untuk membuat daftar berisi rincian poin pembelajaran yang saya dapatkan dari hasil observasi. Saya pilih yang memang diprioritaskan untuk dimasukkan kurikulum. Dari sana, nantinya kurikulum di-breakdown menjadi checklist seperti pada NHW2# yang diurutkan berdasarkan materi belajar IIP.

Selanjutnya, ACTION. Melakukan apa yang ditulis dan menuliskan apa yang dilakukan. Checklist dilihat dan di-review setiap hari/minggu/bulan dan diakhiri dengan evaluasi selama setahun. Semua evaluasi ditulis agar dapat dilihat sejauh mana perkembangannya. Dan tidak lupa, istiqomah (ini yang paling berat). Meskipun sedikit dan dari hal yang paling sederhana, saya mencoba untuk meningkatkan kebiasaan baik dan menambah ilmu dengan cara yang lebih terstruktur.

Semangat dan semoga selalu mendapat kemudahan dari Allah :)

Comments

Popular posts from this blog

Onomatopoeia: Ekspresif dalam Kosakata

Dimulai dari Sampah di Depanmu

Kemandirian Hari ke 3