Zero waste

Kalau mau dihitung-hitung, ternyata hidup yang tidak memegang value zerowaste cukup mahal. Justru berkebalikan dengan yang beranggapan zerowaste itu ribet dan mahal. Apa yang saya alami beberapa tahun belakangan membuktikan bahwa saya jadi lebih hemat. Meskipun tidak banyak perubahan yang saya lakukan, tetapi saya yakin kalau banyak yang melakukannya pasti akan berguna. Saya sudah sekitar 4 tahun ini merubah kebiasaan menggunakan pembalut plastik menjadi pembalut kain dan 1 tahun ini beralih menggunakan sikat gigi bambu. Selain itu, dalam beberapa kesempatan saya menolak plastik dan memilih menggunakan kantong sendiri. Saya juga membawa sedotan stainless kemana-mana. Tujuannya agar saya selalu ingat bahwa jajan pun tetap harus zerowaste. Hasilnya saya jadi lebih bahagia karena mengurangi sampah dan kantong pun aman tidak jebol :)

Comments

Popular posts from this blog

Onomatopoeia: Ekspresif dalam Kosakata

2: Caraku Memandang Dunia Tak Lagi Sama

Dimulai dari Sampah di Depanmu