Wahana Surfing Bunsay

 Kali ini pembahasannya adalah mengenai COC. Wah apa sih itu?


COC adalah singkatan dari Code of Conduct. Semacam kode etik atau aturan yang perlu dijalankan selama kita menjadi anggota komunitas. Dengan COC, kita jadi lebih menjunjung adab dan memiliki kejelasan sikap kalau terjadi sesuatu yang di luar norma.

Pengalaman saya yang pernah terjadi saat dulu awal bergabung IP membuat saya lebih paham mengenai COC ini. Khususnya mengenai komitmen untuk menjadi anggota yang aktif dan menghargai proses belajar selama di IP. Kebanyakan berpikir karena kurang relate dengan ibu-ibu yang lain yang punya anak untuk diajak praktek materi membuat saya jadi agak terlena untuk menunda-nunda pengumpulan tugas. Pengalaman itulah yang membuat saya cukup menyesal karena kurang maksimal dalam belajar sampai akhirnya harus mengulang belajar di Bunsay.

Namun kali ini saya merasa, setiap proses belajar penting dan istimewa, apapun kondisinya. Saya jadi lebih menghargai setiap proses dan progres sekecil apapun. Tidak ada kebaikan yang terlalu kecil untuk diapresiasi, bahkan untuk diri kita sendiri. Proses belajar yang kadang harus diiringi dengan pengalaman yang tidak nyaman justru jadi sebuah warna yang menghiasi keseruan sebuah perjalanan. Ini menjadi makna baru untuk perjalanan itu sendiri.


Comments

Popular posts from this blog

Onomatopoeia: Ekspresif dalam Kosakata

2: Caraku Memandang Dunia Tak Lagi Sama

Dimulai dari Sampah di Depanmu