Hari ke 2: Membaca Efektif

Perencanaan agar dapat mencapai target membaca perlu sekali supaya tidak terbengkalai di belakang. Saya mencoba untuk merapikan jadwal membaca dengan memulai membereskan buku-buku yang sudah terbaca terlebih dahulu. Ada beberapa buku yang memang asyik untuk sering dibaca-baca kembali. Ada juga buku-buku yang sudah bertahun-tahun tidak dibaca karena merasa kurang relevan untuk saat ini.

Saya mencoba untuk memanfaatkan rak-rak buku dengan mengurutkan buku-buku yang sering terbaca diletakkan di bagian paling tengah agar lebih mudah diraih. Sementara itu, buku-buku yang di bagian bawah merupakan buku yang paling tebal dan paling serius (jadi biasanya juga jarang dibaca hehe). Bagian rak paling atas adalah buku-buku populer dan praktis yang biasanya untuk mengisi waktu senggang dengan membacanya sambil menikmati suasana :D

Jadwal membaca saya tidak terlalu padat atau detail karena saya ingin lebih enjoy dalam menjalaninya. Hobi masa kecil saya adalah dibacakan buku atau didongengi orangtua yang berlanjut jadi keranjingan membaca buku apapun termasuk majalah dan ensiklopedi. Saya berharap nantinya saya juga bisa membuat anak-anak saya jadi suka membaca juga. Tapi kalau dievaluasi lagi, ternyata kesibukan lain-lain dan targetan yang tak kunjung selesai membuat saya jadi menunda waktu membaca.

Sekarang mungkin waktu yang tepat untuk mengubah pola pikir agar nantinya bisa memiliki kebiasaan membaca yang baik. Bukan sekadar wacana, membeli banyak buku tapi hanya ditumpuk, dipajang, tapi nggak dibaca :(

Setiap hari saya membaca setidaknya beberapa halaman dari sebuah buku yang harus saya tamatkan. Di akhir pekan saya mencoba untuk menuliskan ulasannya entah di goodreads atau di buku jurnal atau mungkin di blog ini. Lalu, saya bisa memberikan rating atau penilaian pribadi atas buku tersebut dan beralih ke buku yang lain terutama yang belum selesai terbaca semuanya. Dengan begitu, saya berharap bisa mendapat hikmah yang bermakna sekaligus, tidak hanya sekadar mencapai jumlah yang ditargetkan.

Kalaupun dalam sepekan tidak habis satu buku, saya tetap akan menuliskan apa yang saya pikirkan tentang buku itu sambil terus membacanya hingga selesai. Sedikit tidak masalah, yang penting sudah berusaha untuk konsisten *menghibur diri :")

Bismillaah, yuk lanjutkan!

Comments

Popular posts from this blog

Onomatopoeia: Ekspresif dalam Kosakata

2: Caraku Memandang Dunia Tak Lagi Sama

Dimulai dari Sampah di Depanmu