Begin from The End

Menentukan jurusan memang susah-susah gampang. Ada yang dari kecil sudah punya keinginan untuk belajar jadi dokter. Ada juga yang mepet waktu pengisian pilihan jurusan SNMPTN baru menentukan ingin masuk mana. Kalau sudah seperti ini, kemungkinan ada dua, bisa cocok dengan jurusan yang dimasuki atau malah salah jurusan.
Setelah lulus bisa jadi malah bekerja di bidang profesi yang berbeda dengan jurusannya.
Sayang sekali kan kalau waktu, tenaga, dan uang dihabiskan untuk sesuatu yang tidak mendukung masa depan.

Nah, jika kamu masih belum berada di tahun terakhir sekolah, bersyukurlah karena ini saat yang tepat untuk memikirkan kemana kamu akan melangkah pasca sekolah. Untuk memulainya, kamu bisa membayangkan kamu menjadi apa di usia 30 tahun. Misalnya, di usia 30 bekerja sebagai psikolog anak yang membantu 500 orangtua yang kesulitan mendidik anaknya dalam berbagai konsultasi maupun penanganan secara langsung di rumah mereka. Selain itu, di usia tersebut, telah berhasil membuat sebuah buku self-help yang disarikan dari blog yang diikuti sekitar 5000 orang.

Selanjutnya kamu bisa menuliskan gambaran diri di usia tersebut dalam secarik kertas. Tuliskan pula aktivitas yang dilakukan secara detail yang merupakan pencapaian atau hal yang kamu anggap sebuah kesuksesan. Bayangkan saat menuliskannya kamu merasakan bahagia karena mengerjakan sesuatu yang kamu suka dan bisa sekaligus diapresiasi banyak orang.

Berikutnya, carilah sarana yang dapat melejitkan potensimu ke arah profesi atau gambaran dirimu di usia 30 tahun itu. Dalam hal ini, carilah jurusan yang memungkinkan alumninya untuk berkiprah di bidang yang sesuai impianmu. Biasanya ini dinamakan begin from end, dimana kamu memulai untuk mencari sesuatu dengan hal yang dapat dibayangkan titik akhirnya.

Nah, selamat menemukan jurusanmu yaa!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Onomatopoeia: Ekspresif dalam Kosakata

Dimulai dari Sampah di Depanmu

Kemandirian Hari ke 3