Mengapa Dunia Perlu Orang Introvert?

Ada beberapa alasan yang membuat orang introvert sangat diperlukan untuk hadir di dunia. Mungkin tanpanya, keseimbangan di alam bisa hilang dan dunia lebih cepat menua.

1. Orang introvert tak suka membuat konflik
Ini jelas sangat mendukung adanya perdamaian dunia. Tidak semua hal harus diselesaikan dengan mengadu perbedaan. Ya, beda sih boleh saja, tapi akan lebih enak jika hal yang membuat berbeda dijadikan sarana untuk saling mengisi kekurangan satu sama lain.

2. Tak semua selebrasi harus menghabiskan uang
Bagi orang introvert, perayaan atas segala sesuatu tidk hrus berupa pesta pora. Sudah menghabiskan anggaran belanja, cuman habis semalam pula. Besoknya sudah harus banting tulang lagi. Belum beres-beres sisa semalam. Nah, introvert membuat kesan kesenangan tak harus kemahalan. Cukup ke perpustakaan dan membedah sebuah buku best seller terbaru atau ke taman bikin-bikin prakarya yang seru.

3. Introvert cinta lingkungan
Nah, mereka yang suka mengamati dan memiliki sensitivitas tinggi akan mengerti hal ini. Mereka peduli bahwa ada yang harus dijaga di bumi ini, meski mungkin tak semuanya (kadang kan manusia suka khilaf). Apalagi yang berpikir jauh ke depan, memikirkan nasib anak cucu nanti makan apa, minum apa dan hidupnya akan seperti apa kalau kita masih kebiasaan buang sampah plastik dan mengeksploitasi alam seenaknya.
*sigh*

Nah itulah mengapa para introvert (yang peduli) hadir di dunia meski bukan menjadi pahlawan, tetapi bisa memberi manfaat sekecil apapun di sekitarnya.

Selamat untuk dunia!

Comments

Popular posts from this blog

Onomatopoeia: Ekspresif dalam Kosakata

2: Caraku Memandang Dunia Tak Lagi Sama

Dimulai dari Sampah di Depanmu