Menyederhanakan Problematika

Saat melihat kembali ke masa-masa belajar matematika. Ada keasyikan yang saya rasakan ketika menyelesaikan berbagai soal-soal di buku pelajaran. Sampai-sampai saya penasaran dengan pelajaran di bab berikutnya yang belum diberikan. Saya merasa ada semacam petualangan memecahkan teka-teki. Semacam bermain angka dan main tebak-tebakan.

Semakin ke sini saya merasa matematika lebih banyak berperan untuk menyederhanakan hidup yang terlihat rumit. Adalah bracketing, prinsip matematika yang saya pakai saat saya merasa penat dalam kesibukan. Hehe itu saya bikin sendiri sih... Intinya saya kelompokin dulu persoalan-persoalan yang setipe dan dapat diselesaikan di level yang sama. Mulai dari yang mudah dulu atau yang sumbernya dapat dijangkau. Baru kemudian menyelesaikan permasalahan yang berada setingkat di atasnya dan seterusnya.


Comments

Popular posts from this blog

Onomatopoeia: Ekspresif dalam Kosakata

2: Caraku Memandang Dunia Tak Lagi Sama

Dimulai dari Sampah di Depanmu