Cara Introvert Bekerja


Work space - success.com

Tidak sembarang pekerjaan diambil oleh orang introvert. Sebab, biasanya mereka tidak suka terlalu dipaksa bicara di hadapan forum atau menonjolkan diri di depan jajaran manajer. Mereka juga punya potensi dan ide yang unik meski kelihatannya tidak vokal dalam kerja kelompok. Nah, beberapa cara yang biasanya digunakan oleh orang introvert dalam melakukan pekerjaan dapat kamu teliti satu persatu di bawah ini.

1. Jobdesc lebih baik dijelaskan di awal
Orang introvert lebih suka dijelaskan mengenai hal yang perlu ia kerjakan apalagi menyangkut birokrasi. Biar nggak salah di tengah jalan dan ribet akhirnya. Mereka bukan orang yang selalu bertanya ketika bekerja atau menemukan kesulitan karena biasanya mereka cenderung mengamati terlebih dahulu atau bahkan menunggu sampai jelas titik permasalahannya. Kalau ada kesalahan yang ternyata gara-gara di awal tidak ada kejelasan, si introvert ini akan kecewa berat. Daripada semakin runyam, lebih baik dijabarkan apa yang mesti dilakukan dan yang dilarang sejak awal pekerjaan akan dimulai.

2. Sediakan ruang privat
Solitude atau kesendirian yang berarti adalah suatu kenyamanan bagi seorang introvert. kubikal atau bilik bisa jadi pilihan yang baik untuk menjadi fasilitas kerja sederhana. Namun, hal terpenting bagi seorang introvert adalah waktu dan sarana untuk dia menekuni pekerjaannya sendiri tanpa diganggu siapapun. Termasuk saat ditanya tentang progres kerjaan, orang introvert lebih suka dipercaya untuk menyelesaikan pekerjaan baru mendapat feedback nantinya ketika sudah selesai. Jadi, jangan ganggu me time mereka yaa, Hehe

3. Mencari teman dekat
Siapa bilang orang introvert tidak bisa bersosialisasi atau berteman? Justru mereka sangat butuh teman dekat, bukan sekadar kenalan atau rekanan. Teman dekat akan membuat orang introvert merasa aman karena ada yang familiar baginya. Selain itu, ia merasa bisa dipercaya dan dapat mempercayakan obrolan rahasia pada teman tersebut. Yah , meskipun bukan rahasia terdalam sih. Setidaknya, ada teman untuk berbagi di tempat kerja. Oh iya, orang introvert cenderung mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Sehingga, temannya pun tidak banyak tapi ia sangat peduli dan menghargai teman dekatnya serta menganggapnya spesial.

4. Melakukan riset sebelum aksi
Orang introvert sangat efisien dalam penggunaan kata. Jarang ada orang introvert yang ambisi ingin menunjukkan diri di dalam forum diskusi. Mereka lebih suka mengamati dan meneliti apa saja sehingga diskusi bisa mendapat kesimpulan yang tepat. Bisa jadi, sekalinya orang introvert bicara, topik beralih dan terfokus pada apa yang ia katakan dan menjadi bahasan yang seru. Kehati-hatian orang introvert dalam mengungkapkan isi pikiran bisa membuat orang malas menunggu tapi juga geregetan ingin membuatnya bicara.

Adakah yang merasa cara bekerjanya seperti di atas? ataukah mungkin teman satu tim kalian seperti itu?
Apapun kepribadianmu dan teman kerjamu, kerjaan bisa dibuat lebih menyenangkan.
Selamat berdinamika! :)

Comments

Popular posts from this blog

Onomatopoeia: Ekspresif dalam Kosakata

2: Caraku Memandang Dunia Tak Lagi Sama

Dimulai dari Sampah di Depanmu