Tantangan Kemandirian: 5 for 1 update

Menjalankan misi 5 for 1 ini cukup menggelisahkan awalnya karena banyak distraksi yang harus dihindari. Masalah ketergantungan yang tinggi terhadap gadget juga cukup memberikan andil pada berjalannya misi ini. Niat yang kuat dibutuhkan untuk membuat tantangan selama minimal 10 hari tetap berjalan lancar sesuai keinginan. Target minimalnya adalah mampu mengurangi kadar interaksi terhadap gawai dan menambah kualitas serta kuantitas proses pengerjaan hal-hal yang produktif. Tujuannya, tentu saja untuk membangun habituasi alias kebiasaan positif.

Awal pelaksanaan misi, saya masih gagal fokus dan masih saja secara otomatis membuka gawai untuk melihat notifikasi. Saya jadi agak kaget mengingat misi yang sedang dijalannkan. Hal itu membuat saya maklum dengan beberapa 'kelepasan' yang terjadi. Selanjutnya, saya coba untuk menguninstall beberapa aplikasi yang memberatkan gawai dan badan saya agar tidak semakin betah duduk dan mengakses gawai.

Alhamdulillah saya tidak punya banyak akun dan aplikasi sosial media ataupun aplikasi lain yang memungkinkan distraksi seperti tumblr, path, dan sebagainya. Mengecek e-mail pun dikurangi dengan meng-unsubscribe beberapa laman yang biasanya saya buka untuk mencari inspirasi. Seringkali orang rela berlama-lama berselancar di dunia maya beralasan sedang mencari inspirasi untuk pekerjaan. Padahal seringkali pula itu hanyalah pembenaran untuk aktivitas kurang produktifnya atau sekadar prokrastinasi. Sebagai catatan terutama untuk diri saya sendiri, mencari inspirasi lebih baik dilakukan secara konstruktif, yakni mencatat apapun yang terlintas di pikiran saat mengamati dan mengalami sesuatu. Hal tersebut jauh lebih baik daripada mencari di google atau path secara random.


Comments

Popular posts from this blog

Onomatopoeia: Ekspresif dalam Kosakata

Dimulai dari Sampah di Depanmu

Kemandirian Hari ke 3